My Fashion, My Style

Tuesday, January 12, 2016

Bahan-Bahan Hijab yang Nyaman Digunakan

Perkembangan dunia hijab melahirkan beraneka ragam model hijab yang semakin banyak diminati. Beragam model hijab tersebut juga ditunjang dengan semakin beragamnya bahan yang bisa digunakan sebagai hijab.

 
Bahan yang digunakan tidak hanya lembut, mudah dikreasikan, namun juga nyaman saat digunakan. Terutama di cuaca panas seperti di Indonesia. Nah, berikut ini beberapa bahan hijab yang sering digunakan oleh hijaber dan nyaman saat dipakai. 

1. Sifon
Sifon terbuat dari kapas, sutra dan serat sintetis. Hijab dar bahan sifon cenderung tipis sehingga harus menggunakan ciput agar tak terlihat. Model hijab dari bahan sifon ini sering dikreasikan dengan aksesoris untuk menambah kesan anggun.

2. Katun
Katunt terbuat dari kapas alami yang memiliki tekstur halus. Hijab dar bahan katun lebih adem, nyaman dan mampu menyerap keringat. Katun terdiri dari dua jenis yaitu katun combed dengan seratnya yang halus dan katut caded dengan serat benangnya yang halus. 

3. Hycon
Hycon hampir sama dengan bahan sifon. Bedanya, hycon lebih halus saat digunakan sebagai hijab. Hycon biasanya digunakan sebagai dalaman rok atau puring. 

4. Spandeks
Spandek memiliki tekstur lembut, elastis, tidak panas saat digunakan dan mudah dikreasikan dalam berbagai model. Keelastisan spandeks inilah yang mengakibatkan hijab mudah melar saat dicuci terlalu sering. 

5. Kashmir (pashmina)
Kashmir atau biasa disebut pashmina ini memiliki tekstur yang lembut dan mudah diatur. Itulah sebabnya pashmina sering dikreasikan dalam berbagai trend model hijab. Selain itu, bahan pashmina juga lebih tahan saat dicuci sehingga tidak melar atau rusak.

6. Polyster
Polyester memiliki kelebihan tidak mudah kusut dan mudah perawatannya. Namun, kelemahannya kurang menyerap keringat dengan baik. Selain itu, tidak banyak kreasi yang bisa dihasilkan dari bahan ini. 

7. Voile
Voile mempunyai ciri khas tidak lentur sehingga sulit dikreasikan ke dalam berbagai model hijab. Namun, bahan ini cukup lembut dan nyaman saat dipakai. 

8. Sutra
Sutra memiliki tekstur yang lembut, halus dan bahannya yang cantik. Sutra bisa dikreasikan keberbagai model hijab dan cocok digunakan untuk keperluan pesta. Namun, bahan dari sutra ini mudah kusut dan perawatannya yang tidak mudah.

Memakai hijab adalah kewajiban. Bahan yang digunakan tergantung pada kenyamanan dan kebutuhan. Namun, yang paling penting adalah bahan dan kreasi hijab tidak keluar dari esensi penggunaan hijab yang sesungguhnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Bahan-Bahan Hijab yang Nyaman Digunakan